Senin, 05 April 2010

SELAYANG PANDANG DAN PROGRAM KERJA
KELOMPENCAPIR BONTO DG. NGIRATE

KELURAHAN BONTO MAKKIO
KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
Sekretariat : Tidung V RW. 04 Makassar

1. Latar Belakang Terbentuknya Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate

Kelompencapir adalah suatu organisasi dengan sistem Komunikasi sosial yang terpadu melalui multi media dalam usaha meningkatkan Kegairahan, Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Masyarakat untuk berperan aktif sebagai penggerak Pembangunan di segala bidang dan kesejahteraan masyarakat secara berkesinambungan
Kelompenpencapir adalah singkatan dari kata kelompok, Pendengar, Pembaca dan pemirsa yaitu rangkaian kata yang mengandung arti dan makna bahwa kelompencepir mendapatkan bahan-bahan informasi secara timbal balik antara lain melalui berbagai media seperti radio, surat kabar, televisi, internet, diskusi, ceramah,Asah,Asih,Dan Asuh.
Nama Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate diambil dari nama pejuang kemerdekaan yang terkenal di daerah ini yang mampu membangun Kelurahan Bontomakkio, mengarahkan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan.

Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate yang berlokasi di Kelurahan Bonto Makkio Kecamatan Rappocini Kota Makasar dengan luas Wilayah 24 HA dan jumlah penduduk 7.410 jiwa, yang terdiri dari laki-laki = 3.648jiwa dan perempuan = 3.655 jiwa serta kepala keluarga = 961 KK. Tingkat pendidikan masyarakat mulai dari SD,SLTP,SLTA dan Perguruan Tinggi ,yang bekerja di berbagai lapangan pekerjaan, antara lain pegawai negeri sipil,pegawai swasta,pengusa dan buruh harian.

Letak geografis Kelurahan Mappala :

• Sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Pandang Kecamatan Panakkukang

• Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini

• Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Tidung Kecamatan Rappocini

• Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Kassi-kassi dan Kelurahan Mapala Kecamatan Rappocini.

Untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan masyarakatnya, Kelurahan Bantomakkio telah memiliki beberapa sarana pendidikan berupa 4 (empat) buah TK,3 (tiga) buah, Sekolah SD 4 (empat) buah , SMP 2 (dua) dan SMA 2 (dua).
Sebagai salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan pembangunan Kelurahan Bontomakkio adalah berkat terjadinya kerja sama, Koordinasi dan Keterpaduan yang sebaik-baiknya antara pemerintah dengan berbagai Lembaga sosial Kemasyarakatan,termaksuk Kelompok-Kelompok informasi.

KELOMPENCAPIR BONTO DG. NGIRATE KELURAHAN BONTO MAKKIO KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR
Dalam berbagai aktifitasnya, Kelompencapir telah berperan menciptakan keadaan kondusif bagi kelancaran pelaksanaan informasi Kelompencapir yang semula dimaksudkan Sebagai wadah penyebarluasan informasi dan pemerataan pesan-pesan Pembangunan itu sendiri.
Sebagai wadah penyeberluasan Informasi dan pemerataan pesan-pesan pembangunan,Kelompencapir telah megalami perkembangan di bidang Usaha ekonomi Produktif dapatMeningkatkan pendapatan Kelompencapir dan masyarakat di lingkungan sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perkotaan. Kenyataan ini tentu saja menjadi sangat relevan dengan kebijakan pemerintah kota untuk meningkatkan taraf hidup Masyarakat.
Sebagai Wadah penyebarluasan Informasi dan pemerataan pesan-pesan pembangunan,kolmoencapir telah mengaami perkembangan di bidang usah ekonomi produktif yang dapat meningkatkan pendapatan kelompencampir dan masyarakat di lingkungan sehingga berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perkotaan. Kenyataaan ini tentu saja menjadi sangat releven dengan kebijakan pemerintah Kota untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Sebagai wahana tata informasi masyarakat perkotaan,kelompencapir sangat berperan dalam proses pembentukan motivasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses pembangunan khususnya dalam mendukung program pemerintah Kota Makassar Bersih (Masih).
Kelompencapir merupakan mitra kerja pemerintah kota dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar dalam penyebarluasan pesan-pesan pembangunan dan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah, seperti halnya peranan pemerintah kelurahan sebagai mitra kerja Kelompencapir itu berada, dimana pemerintah Kota Makassar, pemerintah Kecamatan dan tokoh-tokoh masyarakat sepakat untuk membentuk suatu Wadah sosial.
Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate dengan status Kelompencapir umum bertindak sebagai ujung tombak dalam pelayanan Informasi yang berkesinambungan.untuk lebih meningkatkan pelaksanaan Kegiatanya,maka pada tanggal 1 Februari 2008 dilakukan penyempurnaan pengurus Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate, dimana pengurusanya diketahui oleh Drs Marzuki Amkas sekretaris Dra. Magnolia Ridwan, Bendahara St. Hasnah.N dan pengurus lainnya yaitu Seksi pendengar, pembaca, pemirsa,Diskusi dan Usaha yang tercantum dalam surat keputusan Lurah Bonto Makkio No. 05/KPTS/BM/II/2008 Tanggal 1 Februari 2008.

2. VISI dan Misi Kelompencampir Bonto Dg. Ngirate
• Visi
Menjadikan masyarakat Kelurahan Bontomakkio lebih maju agar dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan menuju masyarakat adil dan makmur melalui informasi.
• Misi
Mendorong peningkatan informasi bagi masyarakat Kelurahan Bontomakkio dalam menanggulangi berbagai masalah sosial kemasyarakat melalui pelibatan seluruh elemen masyarakat dalam seluruh rangkaian proses pembangunan .

• Motto Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate
 Dengar adalah mendengar Informasi dari radio serta masyarakat sekitarnya.
 Baca adalah membaca Informasi dari berbagai macam media cetak seperti Koran,majalah,pustaka dan semacamnya.
 Lihat adalah melihat Informasi melalui media elektronik seperti televisi, internet dan sejenisnya.
 Diskusi adalah mendiskusikan berbagai macam informasi dan permasalahan yang diterima dalam kehidupan bermasyarakat melalui seksi pendengar,pembaca dan pemirsa.
 Gerak adalah diaplikasikan di lapangan dalm bentuk praktek nyata atau demokrasi agar masyarakat lebih mudah mengerti.
3. Program Kerja Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate
Program Kerja Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate terdiri dari Program Kerja jangka panjang dan program Kerja jangka pendek,. Prograsm Kerja Jangka pendek adalah Program yang dapat di laksanakan pada saat ini dan dilaksanakan secara terus menerus, sedangkan Program Kerja jangka panjang dilaksanakan dalam jangka waktu yang lama.
• Program Kerja Jangka Pendek
a. Melaksanakan Kerja bakti 4 kali Setiap bulan (Minggu bersih / Jumat bersih)
b. Melaksanakan Kegiatan Olahraga / Senam Kesegaran Jasmani Sekali dalam seminggu
c. Melaksanakan Kegiatan anjangsana sekali dalam sebulan
d. Melaksanakan Kegiatan Penyuluhan / Ceramah sekali dalam sebulan
e. Melakukan Kunjungan bagi warga yang terkena musibah (insidentil).
f. Membentuk Kegiatan arisan (sesama pengurus dan warga).
g. Melaksanakan Kegiatan diskusi 2 kali dalam sebulan (kesra,ekuin dan siskamling)
h. Turut serta dalam acara peringatan hari-hari besar keagamaan.
i. Menjadi panitia pada setiap kegiatan,seperti peringatan HUT Poklamasi RI
j. Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan bakti sosial.
• Program Kerja Jangka Panjang
a. Berusaha membentuk usaha ekonomi produktif
b. Melakukan pembinaan dan pengenbangan terhadap kelompok usaha peternakan,perikanan serta usaha keterampilan dan kerajinan lainnya.
c. Melakukan Kegiatan terpadu dengan kelompok PKK,LPM, Majelis Ta’limn serta remaja dan masyarakat.
d. Melakukan studi banding dalam rangka peningkatan sumber daya dan wawasan Kemandirian.
e. Melakukan Koordinasi seluruh pembina tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota Makassar sebagai narasumber berita pemberdayaan Kelompencapir.
f. Mendirikan usaha penyewaan dan penjualan kaset VCD / DVD (rental disc)
g. Secara insidentil membuat berita tentang aktivitas Kelompencapir secara berkala atau berkelanjutan.

Kegiatan-Kegiatan Diskusi
Untuk melakukan pendalaman terhadap materi diskusi, semua koordinator dilengkapi buku-buku pencatatan dan dibuatkan dalam kegiatan diskusi dengan materi sebagaib berikut :
a. Kebersihan dan keindahan lingkungan.
b. Pemanfaatan lahan pekarangan.
c. Pentingnya Keluarga Berencana dan keluarga sejahtera
d. Kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran.
e. Kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah dan penyakit lainnya
f. Kewaspadaan terhadap bahaya narkoba.
g. Pentingnya Keamanan dan Ketertiban Lingkunan.
h. Peranan kaum ibu dalam pemberdayaan perempuan.
i. Peranan generasi muda dalam pembangunan.
j. Kewaspadaan terhadap banjir dan ancaman bencana lainnya (gempa)
k. Kewaspadaan terhadap bahaya muntaber.
Bahwa dari 11 (sebelas) tema di atas juga dapat dijadikan judul apabila Kelompencapir melakukan penyuluhan kepada masyarakat setelah pengurus dan anggota mendapatkan bimbingan dan diskusi dari instansi teknis dalam Wilayah Kota Makassar.
Untuk mensukseskan pelaksanaan program kerjannya, Kelompencapir Bonto Dg. Ngirate Kelurahan Bontomakkio Kecamatan Rappocini Kota Makassar mempersiapkan diri dalam upaya mengembangkan SDM, seperti pepatah ” Barang siapa yang telah menguasai dunia’’serta tiada hari tanpa informasi dan tiada waktu tanpa mendengar,membaca,melihat,berusaha, berdiskusi serta gerak.
Makassar , 1 Pebruari 2008

Ketua Kelompencapir
Bonto Dg. Ngirate


Drs. Marzuki Amkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar